Upaya Menanggulangi Kerusakan Lingkungan

My World - Lingkungan kita telah banyak mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan memberikan dampak negatif terhadap kehidupan manusia.
.

sumber : internet
Baca juga - Kerusakan Lingkungan

Manusia dapat mengatasi pencemaran lingkungan dengan cara mengurangi sampah yang dihasilkan dan konservasi hutan. Usaha mengurangi sampah dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip 4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan replant
Reduce artinya mengurangi pemakaian dengan penghematan sehingga sampah yang dihasilkan lebihsedikit. Reuse artinya memakai ulang barang-barang yang sudah digunakan.
Recycle artinya mendaur ulang.
Replant artinya menanam sampah organik sehingga menjadi kompos.

Berikut ini Upaya lain Mengatasi Pencemaran lingkungan.
  1. Penghijauan                                                                                                                                                                 Meskipun Indonesia terkenal sebagai ‘paru-paru dunia’, namun kondisi kerusakan hutan terutama hutan hujan tropis semakin memprihatinkan. Akibat dari aksi penebangan liar yang tidak bertanggung jawab ini, hutan-hutan di Indonesia kini banyak yang rusak. Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan melakukan upaya reboisasi atau penghijauan kembali. Program rebosiasi ini perlu dilakukan untuk membenahi lahan-lahan atau hutan-hutan yang gundul dan rusak
  2. Menghentikan Penebangan Liar dan Menerapkan Sistem Tebang Pilih                                                                     Bila memang perlu ada kegiatan penebangan untuk kepentingan industri, ada baiknya bila kita terapkan sistem tebang pilih. Pohon-pohon yang akan dipilih sebaiknya memiliki kualifikasi-kualifikasi tertentu seperti pohon yang sudah layak ditebang, pohon yang tidak dilindungi alias bukan flora yang dilindungi, dan masih ada beberapa kualifikasi lainnya.
    Lantas hindari penebangan pohon secara massal karena penebangan hutan secara massal akan merusak keseimbangan ekosistem di sekitar hutan. Dampak lainnya dari penebangan hutan secara massal yaitu kondisi tanah di sekitar hutan yang tidak kondusif sehingga mudah terjadi longsor, banjir bandang, dan bencana-bencana lainnya.
  3. Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar Fosil                                                                                                Penggunaan bahan bakar fosil yang saat ini semakin marak di dunia adalah salah satu kontribusi terbesar timbulnya kerusakan lingkungan di bumi. Bahan bakar fosil yang terbakar melalui asap kendaraan bermotor dan industri menyebabkan adanya pencemaran udara.
    Pencemaran udara ini akan berpengaruh pada meningkatkanya emisi gas karbon dioksida di lapisan atmosfir bumi. Efeknya bumi akan terkena dampak efek rumah kaca. Terlebih lagi dengan banyaknya penggunaan AC yang mengeluarkan gas freon.
    Gas freon ini berkontribusi merusak lapisan ozone di lapisan atmosfir. Akibatnya suhu bumi akan semakin panas. Agar lingkungan tetap terjaga, perlu kiranya bagi kita untuk memulai penggunaan bahan bakar alternatif seperti bahan bakar biogas dan panel tenaga surya.
    Kini sudah mulai banyak kendaraan yang bersumber tenaga surya serta peralatan-peralatan yang dapat dioperasikan dengan menggunakan tenaga surya dan bahan bakar biogas.
    Baca juga - Penyebab Kerusakan Lingkungan 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »