Makanan atau Kue terbuat Dari Alpukat


My Word - Makanan atau Kue terbuat Dari Alpukat

Baca juga - Manfaat Buah Alpukat

Berbicara mengenai buah, salah satu buah yang tidak hanya nikmat tapi juga sehat adalah buah Apukat. Meskipun mengandung banyak lemak, buah alpukat adalah buah yang sehat karena nutrisi di dalamnya sangat banyak. Lemak yang terkandung di dalam buah alpukat sendiri merupakan lemak sehat yang tak berbahaya sama sekali untuk kesehatan.
Buah alpukat tak hanya bisa disantap secara langsung atau ketika dibuat jus saja banyak aneka jenis olahannya. Ada beragam olahan makanan berbahan dasar alpukat yang lezat dan dijamin bisa memanjakan lidah Anda. Tak perlu khawatir olahan makanan ini akan membuat Anda gemuk. Alpukat dipercaya sebagai buah sekaligus makanan yang rendah lemak jenuh penyebab kegemukan.
Berikut berbagai olahan dari buah Alpukat :

1. Pound Cake Alpukat

 sumber : google.com
Pound cake merupakan kue yang paling sering kita jumpai. Pound cake pertama kali diperkenalkan di Inggris pada awal 1700-an. Nama pound sendiri diambil dari satuan ukuran. Semua bahan yang digunakan untuk membuat cake selalu ditakar dalam satuan pound. Karena sebagian besar masyarakat waktu itu masih belum bisa membaca, sementara mereka ingin membuat kue tersebut , ukuran pound inilah yang menjadi solusi dalam membuat takarannya.

Seiring perkembangan waktu, cake dibuat tidak lagi hanya dengan rasa tawar yang alami. Kini berbagai macam aroma dan rasa bisa mampir di mulut kita. Salah satunya cake dengan rasa alpukat. Jika adonan cake yang akan kita buat ditambah alpukat, maka siap-siap saja cake Anda terlihat seprti tidak mengembang. Walaupun dengan resep yang biasanya membuat cake Anda bisa terlihat indah mengembang. Semua itu karena kandungan dari alpukat yang kaya lemak, sehingga menjadi agak berat.

Walaupun terlihat seperti tidak mengembang, cake yang dimasukkan alpukat di dalamnya memiliki keunggulan lain. Selain dari rasanya, tekstur cake menjadi sangat lembut. Jika ingin rasa alpukatnya lebih dominan, dari resep membuat cake yang biasa Anda lakukan, tinggal ditambah porsi daging alpukatnya. Agar halus, bisa dengan cara diblender atau dikerok terlebih dahulu.

2. Sandwich Alpukat
Makanan olahan dari alpukat selanjutnya yang bisa Anda buat jika bosan mengonsumsi buah alpukat langsung, yakni sandwich alpukat. Sebenarnya cara pembuatan dari sandwich ini tidak jauh berbeda dengan sandwich umumnya. Hanya saja dari rasa akan sedikit berbeda, karena bukan ayam, ikan, atau daging asap yang ada di tengah sepasang roti, melainkan daging buah alpukat.
Sandwich alpukat mungkin sedikit asing di Indonesia, atau Negara-negara Asia lainnya. Namun, di Eropa, sandwich alpukat  sudah sangat terkenal atau biasa dibuat. Bahkan semakin hari, semakin tinggi permintaan terhadap sandwich ini. Tingginya permintaan karena memang rasa dari sandwich alpukat sangat enak, dan cocok dikonsumsi oleh mereka para vegetarian. Dan tentu saja lantaran sandwich alpukat tergolong makanan sehat.
Dalam pembuatannya pun sangat mudah. Anda tinggal menyediakan lembaran roti tawar, buah alpukat matang, lalu potong-potong daging buahnya, susu kental manis, lembaran keju, dan sedikit mayonnaise. Campurkan susu kental manis dengan mayonnaise. Selanjutnya susun roti tawar, keju lembaran, dan potongan daging buah alpukat, lalu olesi mayonnaise tadi dan tutup kembali oleh lembaran roti. Sandwich ini tinggal santap dan mungkin menjadi bekal yang pas untuk anak Anda berangkat ke sekolah.

3. Sushi Alpukat
Makanan yang satu ini juga dijamin akan menggugah Anda untuk menyantapnya. Terutama di siang hari saat Anda istirahat dari pekerjaan dan harus kembali mengisi energi Anda dengan makanan berat. Ya, sushi alpukat bisa menjadi alternative makanan saat waktu istirahat bekerja. Sangat pas dikonsumsi karena memang sushi alpukat termasuk makanan berat.
Makanan ini tentu saja jika Anda sedang merasa bosan dengan nasi, atau makanan berat lainnya. Sayangnya sushi alpukat belum terlalu banyak yang menjualnya. Mungkin hanya restoran-restoran tertentu saja yang menjajakannya. Selain rasa dan teksturnya yang lembut, penampilan sushi yang satu ini sangat menggoda selera.
Jadi, jika Anda penasaran dengan makanan olahan dari alpukat ini, Anda harus membuatnya sendiri. Beruntung untuk membuat sushi alpukat cukup mudah. Selain bahan-bahan yang biasa disajikan dan terdapat dalam sushi, seperti daging ayam, atau ikan dan sayuran. Anda biasa menambahkan baby buncis dan wortel, saus soya, kecap jahe penelup ala Jepang yang terbuat dari campuran Kikkoman, cuka beras, dan irisan jahe, dan tentu irisan buah alpukat yang akan disimpan baik di dalam maupun di atas sushi tersebut.
Jika sudah masak dan tersedia, Anda tinggal menyantapnya. Dijamin makan siang Anda akan lebih menyenangkan, dan menjalani aktivitas pekerjaan bisa kembali dengan semangat tinggi.

4. Salad Alpukat
Selanjutnya makanan olahan dari alpukat jika dikonsumsi secara langsung, yakni salad alpukat. Seperti salad lainnya, salad alpukat disantap menjadi makanan pembuka. Dan paling pas saat akan makan siang, agar selera makan Anda menjadi lebih tinggi. Tapi syaratnya  menyantap salad alpukat hanya dalam porsi kecil saja, agar perut Anda tidak kenyang karena makan salad ini.
Sebenarnya sangat mudah mendapatkan salad alpukat ini. Biasanya restoran atau rumah makan siap saji selalu menyediakan menu salad bagi para pelanggannya. Namun, jika Anda menyantapnya di rumah, terutama di hari libur saat berkumpul bersama anggota keluarga, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri.
Caranya tidak terlalu sulit. Pertama, siapkan bahan-bahannya, yang sebagian besar berupa buah-buahan dan sayuran. Yang utama tentu saja buah alpukat yang diambil dagingnya. Potong buah-buahan berbentuk segi empat kecil seperti dadu, dan iris sayuran salada bokor, dan kucai, dengan ukuran tidak terlalu kecil. Potong paprika hijau, lantas siapkan mayonnaise.
Jika semua bahan sudah siap, ambil mangkuk ukuran sedang, ambil potongan buah-buahan dan sayuran, dan siram dengan mayonaise secara merata. Salad alpukat sebagai makanan pembuka pun siap dihidangkan dan disantap ramai-ramai.
Sumber: Dari berbagai sumber, Uniknya.com, Juli 2012


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »