Cara Nabi Muhammad Mengkonsumsi Madu


My World -Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai orang yang pandai menjaga kesehatan tubuhnya. Beliau sangat menjaga kesehatan tubuhnya karena tubuh adalah titipan. Salah satu yang digunakan Nabi untuk menjaga kesehatannya adalah madu. Madu merupakan salah satu minuman kesehatan yang disediakan oleh alam dengan izin Allah SWT melalui perantara lebah. Madu juga minuman kesehatan yang dianjurkan oleh Rasululloh SAW karena banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya.
Praktisi kesehatan yang akrab disapa dokter Toni menjelaskan bahwa Nabi mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Penulis berbagai buku kesehatan ini menjelaskan bahwa madu yang mengandung fruktosa lebih baik dicampur dengan air liur agar mudah larut dan dicerna oleh lambung.
Ia juga menjelaskan mengkonsumsi madu di pagi hari bisa menjegah seseorang terkena sakit maag. "Pada pagi hari perut kosong karena Nabi makan malam ringan sekitar jam 8 malam. Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga Nabi tidak terkena maag," ujar dia.
Nabi saw biasanya makan malam dengan porsi yang sedikit. Untuk porsi makan yang lebih banyak Nabi biasa melakukannya ketika makan siang.

Berikut ini cara lain minum madu yang baik dan benar.

  • Sebelum kita mengkonsumsi madu, lebih baik kita cek terlebih dahulu keaslian dari madu yang akan dikonsumsi.
  • Setelah yakin madu yang akan kita minum madu murni, bacalah doa sebelum meminum madu tersebut, dengan begitu madu yang kita minum akan menjadi lebih barokah.
  • Mengkonsumsi madu, baik dilakukan saat perut kosong yaitu di pagi hari sebelum sarapan dan saat malam hari menjelang tidur. Kedua waktu tersebut adalah waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi madu akan tetapi kapanpun madu tetap baik untuk dikonsumsi dengan ukuran yang sesuai pastinya.
  • Meminum madu secara langsung dengan cara menghisapnya seperti permen, dengan cara itu selain bisa menikmati rasa murninya madu secara langsung, juga membantu lambung untuk mencernanya lebih mudah karena sudah kita larutkan dengan air liur.
  • Dengan segelas air ukuran sedang, tuangkan madu beberapa sendok makan dan minum dengan air tersebut. Ini memberikan kenikmatan sendiri untuk minum madu.
  • Minum madu secara kontinu dan tidak berlebihan akan memberikan efek kepada tubuh kita menjadi lebih terasa bugar dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.
Cara diatas adalah beberapa cara yang saya ketahui tentang mengkonsumsi madu yang benar. Semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

                     sumber : internet

Baca juga - Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »