Manfaat Es Batu

My World - Es batu sudah tidak asing lagi bagi kita. Es batu biasanya digunakan sebagai campuran dari berbagai macam minuman segar. Selain menyegarkan saat diminum, ternyata es batu juga memiliki banyak khasiat antara lain untuk perawatan kulit wajah. Kebanyakan wanita pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang halus dan bebas dari gangguan jerawat. Kulit wajah merupakan bagian dari penampilan yang perlu dirawat dengan baik. Perawatannya pun setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri. Ada yang melakukan perawatan menggunakan cream wajah yang berkhasiat tinggi ada pula yang menggunakan perawatan secara alami. 

sumber internet

Khasiat luar biasa es batu tentu saja tidak didapatkan sembarangan, pastikan es batu yang digunakan bukan yang terbuat dari air keran, sebaiknya es batu yang digunakan tidak memiliki warna atau bening. Jadi es batu tersebut tidak mengandung zat kimia yang dapat membahayakan tubuh maupun kandungan mikrobiologi berbahaya yang merugikan tubuh.

Dibawah ini beberapa khasiat luar biasa es batu untuk kulit wajah yang dapat anda baca selengkapnya.

1. Menghaluskan Kulit Wajah
Salah satu khasiat ajaib es batu adalah membuat wajah menjadi lebih halus.Dengan cara-cara yang simple kita dapat menghaluskan kulit pada wajah dengan menggunakan es batu. Cara ini belum banyak ditahui oleh banyak karena itu belum banyak yang memakai cara ini. Cukup dengan mengoleskan es batu merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Rasa dingin pada es batu dapat membuat pori-pori kulit wajah mengecil, karena itu kulit wajah akan terasa lebih halus dari sebelumnya.


2. Menghilangkan Jerawat
Es batu dapat mengatasi masalah jerawat dengan baik. Terkadang disaat kamu mulai merasa stres karena jerawat dan komedo, solusi yang cepat yang kamu lakukan adalah memecah dan menusuknya dengan tangan. Hal itu dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kulit wajah. Pijatlah area wajah yang terdapat jerawat menggunakan es batu kurang lebih selama 5 - 10 menit. Jika tidak tahan dingin, kamu bisa membungkusnya dengan kain. Es batu berfungsi untuk mengompres peradangan dan pembengkakan pada jerawat yang memerah. Rasa sakit dari jerawat dapat berkurang dengan rasa dingin yang diberikan pada es batu, hal ini juga dapat mencegah agar terjadinya peradangan yang berlebihan akibat jerawat.

3. Mengurangi Noda Bekas Jerawat
Noda bekas jerawat lama kelamaan memang akan menghilang tetapi jika kita menggunakan es batu noda bekas jerawat di wajah akan jauh lebih cepat menghilang. Caranya dengan mengoleskan es batu dengan perlahan-lahan di bagian kulit yang ada noda bekas jerawat, lakukan hal ini secara rutin. Kulit hitam karena jerawat akan mati rasa dan cepat menghilang karena sensasi dingin dari es batu.

4. Mencegah Wajah Berminyak
Pembesaran pori-pori pada kulit dapat kita cegah dengan cara mengoleskan es batu pada kulit wajah. Pori-pori yang sebelumnya besar lama kelamaan akan mengecil. Dinginnya es batu akan membuat produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah menjadi berkurang. Caranya sangat mudah, bungkuslah es batu dengan kain lalu oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah. Pijatlah kulit wajahmu dengan perlahan menggunakan es batu tadi hingga habis.

5. Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
Saat kita pulang berlibur dari pantai atau habis mendaki gunung, permasalahan yang kita alami adalah kulit gosong akibat terbakar oleh sinar matahari. Kulit yang terbakar sinar matahari akan terlihat sangat kering dan terasa perih.
Cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari adalah dengan cara mengompres kulit wajah menggunakan es batu yang dibungkus kain. Kamu juga dapat membuat es batu yang terbuat dari air mawar. Es batu memberikan rasa nyaman pada kulit yang iritasi dan meradang akibat sengatan sinar matahari.

6. Mengatasi Kantung Mata dan Lingkaran Hitam Pada Mata
Kantung mata dan lingkaran hitam di daerah sekitar mata sering disebut dengan mata panda. Hal ini biasanya dialami karena pola tidur yang kurang dan kurangnya jam istirahat bisa memicu kelelahan dan stres, sehingga timbullah mata panda. Cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam pada mata dengan mengompreskan es batu pada mata pandamu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat menggunakan jus mentimun atau teh hitam yang dibekukan sehingga menjadi es, kemudian oleskan pada area mata panda anda.

7. Membuat Wajah Putih dan Cerah
Begitu banyak produk pemutih wajah yang bisa kamu dapatkan di toko, tetapi alangkah baiknya jika kita mencoba dengan cara yang alami terlebih dahulu. Dengan menggunakan es batu kita dapat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah.
Dengan cara memijat kulit wajah menggunakan es batu dapat membuat sirkulasi darah di area wajah jadi lebih lancar, wajah pun akan menjadi lebih segar. Kita juga dapat menggunakan mentimun yang sudah diblender kemudian dibekukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

8. Membuat Make Up Tahan Lama
Manfaat es batu dapat mengecilkan pori-pori dan juga mengurangi wajah yang berminyak. Kulit wajah yang tidak berminyak dan memiliki pori-pori yang kecil tentu dapat membuat make up akan lebih tahan lama. Oleh Karena itu tidak jarang jika banyak perias wajah menyarankan untuk mengaplikasikan es batu pada kulit wajah sebelum mulai meriasnya.
Selain bisa membuat wajah jadi segar, efek dingin yang diberikan bisa membuat pori-pori pada kulit jadi mengecil dan produksi minyak minyak pada wajah jadi berkurang, sehingga make up yang dipakai bisa bertahan lebih lama.
Jika anda menggunakan make up setiap hari, lakukanlah tips berikut ini : ambil setengah sendok teh minyak zaitun atau minyak lainnya yang bagus untuk kecantikan, kemudian bekukan menjadi es batu. Kemudian usap kulit wajah dan leher menggunakan es batu ini sebelum menggunakan make up. Es batu tersebut akan melembutkan dan menutrisi kulit, mempersiapkan kelancaran penggunaan make up, tanpa menggunakan cream.

9. Mencegah Proses Penuaan Dini
Dalam hal ini es batu dapat membantu merawat kulit wajah dan juga memperlambat proses penuaan pada kulit. sehingga keriput di wajah tidak cepat terjadi. Dengan Cara memijat kulit wajah dengan es batu akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit wajah bisa diperlambat.

10. Melembutkan, Melembabkan dan Mencerahkan bibir
Selain bisa membantu mencerahkan bibir dengan alami, es batu pun bisa dijadikan bahan alami efektif melembutkan bibir. Metode penggunaannya yaitu dengan mengusapkan es batu pada bibir lakukan secara merata dan perlahan. Lakukan dengan rutin perharinya, sebaiknya jangan bolong-bolong dan biasakan disiplin.
Es batu juga berfungsi untuk pelembab alami bibir. Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat diatasi, bibir yang pecah menandakan bibir tak lembab dan kering. Bibir yang kering biasanya diakibatkan karena tubuh kekurangan asupan cairan, jadi akan sangat cocok jika menggunakan es batu untuk mengatasinya. Metodenya yaitu dengan mengoleskan lembut es batu pada bibir dan imbangi dengan minum air putih yang cukup.
Bibir yang hitam atau gelap biasanya dapat diakibatkan dari beberapa macam faktor. Misalnya paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dan juga gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadikan warna bibir menjadi gelap. Dengan menggunakan es batu bibir pun dapat kembali cerah. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 balok es batu ukuran kecil kemudian usapkan secara perlahan pada bibir selama beberapa menit.

Insyaallah cara ini aman dan tidak ada efek samping yang membahayakan penggunanya. Anda bisa mengaplikasikan beberapa hal diatas yang bisa anda lakukan dirumah di saat anda tidak memiliki kesibukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »