Tips Menghilangkan Luka di Wajah

My World - Sangat tidak nyaman jika kita mempunyai bekas luka, apalagi bila ada di wajah. Dengan adanya bekas luka di wajah akan mengurangi rasa percaya diri.

sumber : internet

Luka yang terbentuk di permukaan kulit ada banyak sekali jenisnya, semua itu tergantung dari penyebab munculnya luka tersebut.Terkadang beberapa jenis luka menyebabkan munculnya jaringan parut. Namun kamu tak perlu cemas, sebab jaringan parut tersebut muncul karena merupakan proses alami penyembuhan luka yang dilakukan oleh tubuh.
Secara umum tubuh kita memang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri termasuk sel-sel kulit yang terluka akan beregenerasi sehingga digantikan oleh lapisan yang baru dan sehat. Tetapi beberapa luka mungkin sangat parah sehingga saat sembuh akan meninggalkan bekas pada kulit. Biasanya jenis luka yang demikian adalah luka kecelakaan karena terbentur aspal, luka bakar, atau luka terkena sayatan benda tajam. Anda bisa mencoba tips menghilangkan bekas luka di wajah secara alami berikut ini menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui dan cukup ekonomis.

1. Madu

Si manis yang menyimpan sejuta khasiat ini memang tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Bahkan cairan kental manis ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka
diwajah, mengurangi rasa nyeri dan juga bisa merangsang regenerasi sel-sel kulit. Gunakan madu asli untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan cara mengoleskan madu tersebut secara merata pada bagian bekas luka, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, basuh dan bersihakan dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini secara rutin hingga beberapa kali dalam sehari sampai bekas luka hilang.  
Note : agar hasilnya maksimal kamu bisa mengkombinasikan antara madu dan lidah buaya.

2. Mentimun 

Ambil sebuah mentimun segar, cuci sampai bersih kemudian potong-potong dan haluskan.
Anda bisa menggunakan food prosesor, blender, atau secara manual menggunakan parutan. Setelah itu oleskan ramuan pada bekas luka pada wajah yang telah dibersihkan atau pada seluruh wajah Anda. Diamkan hingga ramuan agak kering kemudian bilas dengan air seperti biasa. Bonus tambahan yang dapat Anda peroleh jika rutin melakukan perawatan ini adalah wajah akan menjadi lebih halus, segar, dan bebas jerawat.

3. Lidah Buaya 

Ternyata selain bermanfaat untuk merawat rambut, lidah buaya juga bisa kamu jadikan sebagai penghilang bekas luka secara alami.
Beberapa penelitian membuktikan gel tanaman herbal ini diperkaya dengan kandungan
lignin dan asam amino. Kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya:
  • Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu ambil gel di dalamnya.
  • Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas air dingin.
Note: jangan sampai kulitmu terkena getah lidah buaya. Karena getah tanaman ini bisa memicu munculnya iritasi dan gatal-gatal.

4. Minyak Zaitun

Jika dirumah nggak ada madu, kamu bisa mencoba memakai minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya dapat menghilangkan bekas luka lama.
Bahkan jika digunakan rutin minyak zaitun berkhasiat menjaga kulit tetap awet muda.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.
  • Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.
Note: bila perlu, kombinasikan juga minyak zaitun dengan lidah buaya atau madu agar hasilnya lebih maksimal.
  
5. Jeruk Nipis


Tips selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Cara menggunakannya, belah jeruk menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bekas luka. Tunnggu beberapa saat setelah itu bilas menggunakan air hangat. Cara ini sedikit lebih perih ketimbang dengan cara yang lainnya sehingga harus sedikit menahan rasa pedihnya tersebut. 

6. Mengkudu
 
Buah mengkudu adalah jenis buah yang sudah tak asing dalam dunia pengobatan herbal karena mempunyai banyak khasiat seperti obat anti kanker dan penyakit lainnya. Mengkudu memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain mencegah jerawat ia juga mampu memudarkan bekas luka dengan cepat. Caranya:
  • Ambil buah mengkudu segar, cuci bersih dan potong-potong kemudian dilumatkan dengan blender.
  • Tambahkan sedikit air agar ramuan lebih mudah menjadi halus
  • Ramuan siap digunakan untuk dioleskan pada bekas luka pada wajah atau bagian tubuh yang lain
  • Diamkan hingga ramuan mengering lalu bilas wajah dengan air seperti biasa.
7. Daun Mint


Daun yang mengandung minyak atsiri dan memberikan aroma segar ini ternyata juga berkhasiat sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Anda hanya perlu menghaluskan 5 hingga 6 helai daun mint kemudian ditambah sedikit air dan diaduk hingga merata. Oleskan ramuan pada bagian wajah yang mempunyai bekas luka kemudian didiamkan hingga kering atau selama 30 menit. Terakhir bilas wajah Anda hingga bersih.

8. Kayu Cendana dan Air Mawar

Resep berikutnya untuk membuat ramuan penghilang noda bekas luka pada wajah terbuat dari bubuk kayu cendana dan air mawar. Anda tinggal mencampur kedua bahan hingga merata dan berbentuk pasta kemudian oleskan pada wajah yang bernoda pada malam hari menjelang tidur. Diamkan semalaman lalu bilas keesokan harinya.

Demikian informasi tentang cara menghilankan bekas luka pada wajah semoga dapat menjadi referensi untuk pembaca dalam mengatasi masalah mengenai cara menghilangkan bekas luka dengan menerapkan beberapa tips di atas dan melakukannya secara teratur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
23 March 2017 at 20:08 delete

enak buat jus dari pada buat di wajah

Reply
avatar