Efek Mandi Pada Malam Hari

My World - Benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik ??


sumber : internet
Baca Juga : Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Terkadang seseorang mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk mandi pada sore hari karena mereka pulang dari bekerja setelah matahari terbenam. Bisa juga mereka sengaja mandi pada malam hari karena pada sore hari masih berkeringat atau masih gerah.
Sering sekali kita mendengar teguran dari orang tua atau orang-orang terdekat saat kita mandi malam. Mereka mengatakan mandi malam-malam tidak baik bagi kesehatan. Kita bisa terkena berbagai macam penyakit terutama seperti rematik. Benarkah hal tersebut ? 

Berikut dibawah ini dampak dari mandi pada malam hari dengan penjelasan kondisi yang ditimbulkan akibat mandi malam benar atau hanya sekedar mitos. 

Menyebabkan Rematik

Mandi malam hari dapat membuat seseorang terkena rematik itu ternyata hanya mitos dan faktanya adalah salah!
Rematik adalah penyakit yang terjadi saat persendian mengalami peradangan dan ada ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, yang paling umum terjadi adalah Rheumatoid arthritis.
Akibat terjadinya rematik karena sistem kekebalan tubuh manusia menyerang tubuhnya sendiri. Dalam hal ini mereka justru melakukan kebalikan dari tugasnya menjaga tubuh dari penyakit. Penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit autoimun. Penderita rematik akan merasakan nyeri pada bagian sendi yang terkena.
Para dokter menindak lanjuti tentang kekeliruan yang telah beredar di masyarakat bahwa sampai saat ini belum ditemukan secara pasti penyebab dari rematik Tetapi, dugaan yang kerap kali muncul adalah kelainan genetik sebagai pemicunya. Orang dengan usia 20 – 45 tahunlah yang  kerap menjadi sasarannya. Ini baru fakta.
Hal ini bukan hanya dikarenakan proses autoimunitas saja, adapun faktor luar lain ataupun yang bersifat degeneratif yang membuat banyak orang terkena penyakit sendi. Sebab itulah hal ini sangat jelas bahwa masalah rematik terdapat pada peredaran darah yang berkaitan dengan sistem imun dan pada akhirnya hal ini mampu menampik semua pernyataan bahwa rematik disebabkan akibat mandi pada malam hari terutama dengan air dingin.
Penyakit rematik adalah penyakit keturunan karena adanya gen yang mengakibatkan sistem imun menyerang bagian persendian, sehingga serangan ini memicu kerusakan dan peradangan pada sendi-sendi tertentu.
Rasa nyeri pada sendi tersebut bisa kambuh pada kondisi-kondisi tertentu, salah satunya ketika tubuh mendapati suhu dingin. Karena itu jika penderita mandi di malam hari dengan air dingin, tentu sendinya akan terasa sakit karena rematiknya kambuh. Dari sinilah mungkin masyarakat dengan sangat sederhana menyimpulkan kalau mandi malam memicu rematik.

Menyebabkan Paru-Paru Basah

Hal ini tidaklah benar dan tercatat sebagai mitos yang masih beredar juga di masyarakat.
Seseorang tidak akan mudah terkena paru-paru basah hanya karena mandi pada malam hari. Namun perlu diperhatikan, mandi di malam hari dengan suhu air yang dingin dapat memperburuk kondisi kesehatan yang kurang baik. Jadi, gunakan air hangat apabila ingin mandi. Tubuh manusia akan menerima 5 derajat lebih dari suhu tubuh itu sendiri, antara 29 – 30 derajat celcius.
Paru-paru basah hanya sebuah istilah awal untuk mendeskripsikan kondisi terdapatnya air di dalam paru-paru. Mandi pada malam hari bukanlah penyebabnya, tetapi air pada paru-paru tersebut biasanya terjadi karena infeksi.
Penyakit paru-paru basah dapat diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, hingga badannya menggigil.

Adapun beberapa gejala dari penyakit ini adalah :
  • Pada manusia berusia diatas 65 tahun, suhu tubuh akan lebih rendah dari suhu normal.
  • Penderita mengalami batuk berdahak.
  • Terasa nyeri pada dada saat bernafas dan batuk.
  • Sesak nafas (asma).
  • Demam
  • Tingkat kelelahan yang tinggi.
  • Pusing
  • Mual diikuti muntah-muntah.
  • Diare
Penyakit ini tidak bisa sembuh dalam waktu yang lama. Gejala paru-paru basah ringan hampir sama dengan penderita flu dan batuk biasa.

Menimbulkan Kondisi Hipotermia

Hipotermia pada umumnya dianggap sebagai suatu keadaan disaat suhu tubuh menurun dengan drastis dibawah suhu normal yang dibutuhkan metabolisme dan fungsi tubuh yaitu dibawah 35 derajat celsius. Pada umunya hipotermia menyerang bayi yang belum sempurna sistem pengendali temperatur tubuhnya serta lansia (manula) yang telah menurun fungsinya. Gejalanya bisa berupa menggigil, kelelahan, bingung, mengantuk, dan kurang nafsu makan.
Efek samping dari mandi di malam hari juga dikaitkan dengan hipotermia. Seseorang bisa terserang hipotermia jika mandi di malam hari menggunakan air dingin, terutama apabila suhu lingkungan memang sedang dingin-dinginnya atau berada di dataran tinggi (pegunungan).
Supaya tidak terkena penyakit hipotermia, lebih baik hindari mandi dengan suhu air terlalu dingin. Maka gunakanlah air panas yang telah dicampur dengan air biasa, usahakan agar hangatnya lebih terasa. Dengan begini, Anda akan terbebas dari hantaman hipotermia.

Menyebabkan Asam Urat

Gout atau asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin di dalam tubuh berlebihan sehingga membuat kadar asam urat tubuh meningkat. Apabila zat purin kita berlebihan maka akan membuat ginjal kehilangan kemampuan untuk menampung ataupun mengeluarkan zat tersebut dari dalam tubuh.
Penderita asama urat memiliki bebepa pantangan makanan seperti Seafood ( udang, kerang, tiram, dan kepiting ), jeroan ( ginjal, babat, usus, limfa otak dan hati ), daging kambing, daging sapi, abon, dendeng, kornet sapi, bebek, kacang-kacangan ( Kacang tanah, kacang hijau ) dan olahannya ( tempe, oncom, tauco, dan susu kedelai ), emping, kembang kol, melinjo, bayam, asparagus, es creaam, keju, durian, telur, naanas dan masih banyak lagi.
Pada intinya penyakit asam urat tidak dapat dihubungkan dengan dampak buruk mandi pada malam hari, entah itu menggunakan air hangat ataupun air dingin.

Dibawah ini gejala penyakit asam urat :
  • Persendian terasa ngilu,
  • nyeri,
  • bengkak dan kemerahan.
Apalagi di pagi  dan malam hari. Frekuensinya sangat sering terjadi.Apalagi  bagi yang sudah parah, maka disaat menggerakkan anggota badan akan terasa sakit sekali. Pada umumnya penyakit ini menyerang sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, serta pergelangan tangan. Jika anda mengalami penyakit ini, sebaiknya juga menghindari kopi.


Menyebabkan Demam

Di saat malam hari, suhu panas tubuh mengalami peningkatan dan tentunya pori-pori kulit juga ikut terbuka. Hal inilah yang menyebabkan  mandi pada malam hari memakai air dengan suhu rendah menjadi berbahaya. Pori-pori kulit yang menganga akan menyerap air dingin. Dalam artian, jika panas tubuh yang meningkat di malam hari bercampur dengan suhu tubuh yang rendah karena air dingin yang dipakai saat mandi maka tubuh akan mengalami kondisi panas dan dingin.
Oleh sebab itu, lebih baik anda menghindari mandi pada malam hari menggunakan air dingin karena terkait dengan pori-pori tubuh dan panas tubuh yang meningkat saat malam hari. Karena jika tubuh panas kita disiram dengan air dingin di malam hari maka pori-pori yang sedang terbuka akan membuat badan mengalami panas dan dingin seperti demam.

Menyebabkan Masuk Angin

Pada saat malam hari adalah waktunya tubuh untuk beristirahat, mandi disaat malam hari ternyata dapat menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Apalagi disaat suhu tubuh kita saat mandi masih tinggi dan panas.

Mengalami Susah Tidur
Beberapa orang membuat pernyataan kalau mandi malam menjadikannya susah tidur. Benarkah begitu?
Setelah ditelusuri ternyata penyebabnya bukan karena mandi pada malam hari, tetapi karena keadaan tubuh yang sebelumnya dipakai untuk berolahraga tidak siap untuk diistirahatkan sementara.
Karena itu pada umumnya seseorang akan memilih mandi pada malam hari karena adanya berbagai alasan. Beberapa orang yang baru pulang dari kantor mandi pada malam hari hanya sebatas ingin menyegarkan badan dan tidak sedikit pula yang ingin menyegarkan badannya sehabis olahraga.
Masalah intinya bukan karena mandi pada malam hari tetapi karena olahraga yang dilakukan pada malam hari. Olahraga malam bisa mengakibatkan mata sulit terpejam secara alami bagi yang tidak memiliki gangguan tidur. Hal ini disebabkan multi-stimulan (adrenalin dan noradrenalin) yang terlepas ketika olahraga meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh, sehingga tubuh merasa lebih waspada dan terjaga.
Bukankah sudah jelas bahwa seseorang yang susah tidur bukan dikarenakan mandi pada malam hari.

Menyebabkan Metabolisme Terganggu
Setelah seharian diforsir untuk bekerja dari pagi hingga malam, tubuh kita sebenarnya berada dalam kondisi yang sangat panas. Satu jam sebelum bangun tidur suhu tubuh kita akan meningkat pada pertama kalinya, kemudian pada siang hari akan meningkat lagi, dan pada puncaknya akan terjadi pada sore dan malam hari.
Karena itu, jika disaat tubuh sangat panas kemudian langsung disiram menggunakan air dingin, maka besar kemungkinan tubuh akan terkejut sehingga dapat menyebabkan beberapa organ tubuh menjadi terganggu dan hal ini dapat menyebabkan rasa sakit.
Kita sudah sering mendengar dari para ahli kesehatan tentang larangan mandi sesaat setelah olahraga ketika tubuh sedang sangat panas, teori ini kurang lebih sama dengan dampak mandi pada malam hari. Lebih baik anda beristirahat dan bersantai terlebih dahulu baru kemudian mandi.

1. Perhatikan Suhu Air. Apabila suhu udara lingkungan yang dingin saat larut malam, lebih baik anda mandi menggunakan air hangat. Biasanya tubuh menerima suhu dengan perbedaan maksimum 5 derajat. Suhu tubuh normal manusia adalah 97o. F(36o C). Pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Jika tujuannya ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, maka mandilah hanya ketika anda siap untuk pergi tidur.

3. Hindari mandi segera setelah latihan atau olahraga karena pori-pori di kulit sedang terbuka untuk mengeluarkan keringat. Beristirahatlah terlebih dahulu paling tidak selama setengah jam sehingga pori-pori menutup.

Agar terhindar dari dari kulit yang mudah kering dan mudah mengalami penuaan dini, alangkah baiknya jika anda tidak terlalu sering mandi dengan air panas atau pun air hangat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »